Sunday, 9 January 2011

GUNUNG CIREMAI

ENGLISH/INDONESIA

Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di propinsi jawa barat. Ketinggiannya adalah 3076 m. Gunung Ciremai terletak di kabupaten Kuningan sekitar 250 km timur Jakarta.
Untuk mencapai Gunung Ciremai pertama-tama kita harus menuju kota Cirebon dengan menggunakan bis atau kereta api. Setelah itu kita dapat menggunakan bis menuju Kuningan. Beberapa bis mempunyai tujuan langsung ke Kuningan, misalnya dari Jakarta atau dari Bandung.
Terdapat dua buah rute untuk menuju puncak gunung Ciremai, yaitu rute Palutungan dan rute Linggarjati. Dari Palutungan atau Linggarjati menuju ke Puncak Gunung Ciremai hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki. Perjalanan tersebut mendaki dan memakan waktu sekitar 5 jam. Jadi untuk mendaki puncak gunung Ciremai hanya dapat dilakukan oleh orang-orang terlatih dan sehat.
Peta lokasi gunung Ciremai, klik gambar untuk memperbesar

Lihat Peta lokasi  gunung Ciremai di peta yang lebih besar

Rute Linggarjati 
Linggarjati adalah tempat bersejarah. Di Lingggarjati dilakukan perundingan antara Indonesia dengan Belanda semasa perang mempertahankan kemerdekaaan. Dengan menggunakan bus Cirebon-Kuningan kita dapat turun di persimpangan Linggarjati. Dari situ kita dapat naik angkot menuju kantor desa Linggarjati. Dari sini ke puncak gunung Ciremai memakan waktu sekitar 5 - 7 jam dengan berjalan kaki. 
Ada dua pilihan waktu untuk melakukan pendakian. Pertama berangkat malam hari tiba di puncak pagi hari selanjutnya langsung turun kembali. Dengan demikian kita tidak perlu menginap ditengah pendakian. Pilihan ini akan melelahkan dan memiliki resiko tersesat tinggi.
Pilihan kedua berangkat pagi hari, menginap menjelang puncak disekitar batu lingga. keesokan harinya melanjutkan perjalanan ke puncak dan terus kembali turun. Pilihan ini lebih nyaman dan lebih banyak menikmati pemandangan, namun harus menambah perbekalan dan tenda.
Untuk rute linggarjati tidak ada sumber air di tengah perjalanan.
Palutungan route
Pada rute ini kita dapat turun dari bis di terminal Kuningan. Selanjutnya kita dapat menggunakan angkot ke Palutungan. Waktu yang dibutuhkan ke puncak sama dengan rute linggarjati. jadi pilihan waktu berangkatnya pun sama dengan rute linggarjati. Kira-kira 1/3 perjalanan mendaki terdapat sumber air yang dapat kita gunakan untuk menambah persedian air.

Kedua rute melalui hutan dan tidak ada pemukiman penduduk. Pemandangan dari puncak gunung Ciremai sangat luar biasa. Kita dapat melihat awan berada dibawah kita. Jadi jika ada ungkapan serasa di atas awan d, disitulah tempatnya.


Ciremai mountain view from in front of Cirebon Bus terminal

View from Palutungan route





 Picture from Linggarjati Road












No comments:

Post a Comment