Sunday, 9 January 2011

DATARAN TINGGI DIENG

ENGLISH/INDONESIA

Dataran tinggi Dieng terletak di kabupaten Wonosobo propinsi Jawa tengah. Dataran tinggi Dieng merupakan suatu komplek atau kawasan kawah yang masih aktif. Dataran tinggi dieng terletak pada ketinggian 2100 m di atas permukaan laut. Saya sering mengistilahkan dataran tinggi Dieng sebagai negri di atas awan. Kadang-kadang kita dapat melihat awan berada di bawah kita. It is located on about 2100 m above sea level. I called Banyak sekali obyek wisata di Dieng, diantaranya :
- kawah-kawah                  - Danau-danau
- Perkebunan-perkebunan  - Candi-candi peninggalan jaman dahulu
- Pembangkit listrik tenaga panas bumi

Lihat DATARAN TINGGI DIENG di peta yang lebih besar
Seluruh jalan akses ke Dieng kondisinya baik.
Jika anda membutuhkan penginapan di sekitar dieng anda dapat mengunjungi alamat berikut http://desnantara-tamasya.blogspot.com/2011/01/hotel-dan-penginapan-di-sekitar-dieng.html
Gerbang masuk kawasan dieng
Peta lokasi Dieng. Klik gambar untuk memperbesar

Selanjutnya kita akan bahas tiap-tiap obyek wisata yang ada di Dieng 

Dieng negri di atas awan
KAWAH
Kawah Sileri 
Kawah Sileri adalah kawah yang paling berbahaya di dataran tinggi Dieng. Tercatat telah terjadi letusan di kawah tersebut pada tahun 1944, 1964, 1984, 2003 & 2009. Letusan tersebut menyebabkan kerusakan materi maupun jiwa. Di sekitar Kawah Sileri juga dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga panas Bumi.

Pembangkit listrik tenaga panas bumi Sileri
Kawah Sikidang
Kawah Sikidang merupakan kawah terbesar dan terpopuler di Dieng. Fasilitas yang ada di kawah ini paling lengkap berupa area parkir, toilet, mushola dan pusat perbelanjaan souvenir ataupun makanan. Kawah ini disebut sikidang karena adanya letupan-letupan pada kawah tersebut seperti kijang. Kijang dalam bahasa jawa disebut kidang. 

Kawah Sinila
Kawah Sinila berpotensi meletus dan mengeluarkan gas beracun. Pada tanggal 20 febuari 1979 terjadi letusan besar yang mengeluarkan gas beracun yang mengakibatkan 149 orang tewas.
Kawah Sibanteng
Kawah Sibanteng merupakan kawah aktif yang letaknya berdekatan dengan kawah Sikidang. Kawah Sibanteng pernah meletus pada tahun 2003 dan 2009.
Kawah Candradimuka
kawah Candradimuka memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Namun sayangnya kawah ini tidak dapat dicapai dengan kendaraan dan harus berjalan kaki.
Kawah Sigagah, Sikendang & Timbang
Kawah Sigagah, Sikendang and  Timbang juga berpotensi mengeluarkan gas beracun.
DANAU-DANAU
Danau Telaga Warna dan danau Pengilon  
Danau Telaga Warna & danau Pengilon letaknya bersebelahan. Disebut telaga warna karena warna pada danau tersebut jika terkena sinar matahari kadang-kadang berwarna biru, hijau, kuning tau merah.Hal tersebut terjadi karena kandungan mineral dari danau tersebut. Danau ini sebenarnya adalah kawah yang ditutupi oleh air.
Danau Pengilon berarasal dari bahasa jawa yang berarti cermin. Hal ini disebabkan permukaan danau yang sangat jernih seperti cermin. Danau pengilon lebih kecil dari danau telaga warna.
Danau telaga warna dan danau pengilon
Danau Cebong
Danau Cebong merupakan danau yang berlokasi paling tinggi di Dieng. Airnya digunakan untuk mengairi perkebunan sayur-sayuran penduduk.
Danau Merdada
Danau Merdada letaknya dekat dengan kawah Sikidang. Danau merdada merupakan kawah yang diselimuti air. Luas danau Merdada sekitar 25 ha dengan kedalaman 2 - 10 m.
Danau Menjer
Danau Menjer merupakan danau terluas di dieng dengan luas 70 ha. Danau ini letaknya agak dibawah pada ketinggian 1300 m. Selain untuk wisata danau ini juga digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air.
CANDI-CANDI PENINGGALAN JAMAN DAHULU
Terdapat empat buah komplek candi
Komplek Candi Arjuna
Di komplek candi ini terdapat empat buah candi yaitu candi Arjuna, Sembrada, Srikandi and Puntadewa.
Komplek candi Gatutkaca
Terdiri dari candi f Gatutkaca, Setyaki, Nakula, Sadewa, Petruk and Gareng.
Komplek candi Dwarawati
Terdiri dari candi Dwarawati, Abiyasa, Pandu and Margasari.
Candi Bima
Candi bima berdiri sendiri dan merupakan candi terbesar dui Dieng



No comments:

Post a Comment